Implementasi Strategi Perubahan Dalam Organisasi

21/10/2021 09:32:17

Perubahan merupakan hal yang pasti. Organisasi perlu beradaptasi dengan setiap perubahan lingkungan agar dapat bertahan dan memenangkan kompetisi bisnis.

 

Banyak tantangan yang dihadapi organisasi ketika menerapkan suatu perubahan, baik dari faktor internal maupun eksternal organisasi. Tantangan tersebut apabila tidak diatasi dengan baik, akan memengaruhi efektivitas proses perubahan yang mengakibatkan hasil perubahan tidak tercapai  secara optimal.

Oleh karena itu, organisasi memerlukan strategi yang tepat meliputi tujuan, langkah perubahan dan juga penerapannya agar proses berjalan sistematis dan dapat diterima secara positif.

 

Beberapa hal utama yang perlu diperhatikan dalam mengelola perubahan:


  1. Identifikasi PerubahanIdentifikasi perubahan meliputi jenis perubahan, tujuan dan sasaran perubahan dengan spesifik, jelas dan akurat. Identifikasi yang tepat akan menentukan strategi, metode dan perencanaan perubahan yang akan dilakukan.
  2. Penetapan Strategi Perubahan yang tepatMeliputi proses, model pendekatan, dan metode yang digunakan untuk menerapkan suatu perubahan. Strategi ditetapkan dengan memperhatikan kondisi organisasi, diantaranya kondisi SDM, karakter organisasi, serta budaya dalam perusahaan.
  3. Pengelolaan SDM yang tepat dan fokus mendukung perubahanDalam perubahan, seringkali fokus manajemen atau pemimpin perubahan adalah mengantisipasi karyawan yang menolak perubahan (resisten). Pengelolaan SDM yang efektif dalam mengelola perubahan adalah fokus pada karyawan yang mendukung perubahan antara lain dengan memberikan apresiasi bagi karyawan yang berhasil menjalankan perubahan sehingga dapat memengaruhi karyawan yang masih ragu (skeptis) terhadap perubahan.
  4. Konsistensi dalam proses perubahanKegagalan dalam mewujudkan perubahan dapat terjadi karena kurang konsistennya pengelola perubahan dalam memonitor proses perubahan dan melakukan evaluasi perbaikan. Agar dapat berjalan konsisten, perusahaan perlu mengintegrasikan agenda perubahan yang dimiliki dengan perencanaan kinerja sehingga setiap kegiatan perubahan tetap terukur dan termonitor dengan baik.
  5. Pemimpin Perubahan yang kuatFaktor kepemimpinan merupakan salah satu  hal penting yang menentukan keberhasilan perubahan. Dibutuhkan pemimpin yang memiliki kemampuan  dalam mengomunikasikan suatu perubahan maupun mengajak dan mengarahkan karyawan menjalankan perubahan tersebut. Dengan demikian, salah satu langkah yang diperlukan adalah mempersiapkan pemimpin yang mampu mengelola perubahan (change management).

Tags : SDM, Management, Leadership


Artikel Sebelumnya


Komentar




Realitas selalu lebih konservatif daripada ideologi.

EVENTS


ARTICLE'S TAGS

Partnership Inovasi Assessment Training SDM Leadership Management